Rabu, 04 April 2012

Jurus Jitu Mainstreaming Untuk Anak Berkebutuhan Khusus


(Integrasi ke Lingkungan Anak Normal)

Kebanyakan anak-anak penyandang kebutuhan khusus sangat sensitive sekali dengan anak normal ataupun lingkungan masyarakat  pada umumnya, ya ini dikarnakan oleh hambatan atau kelainan yang dimilikinya. Anak-anak penyandang kebutuhan khusus seringkali merasa bahwa mereka diasingkan oleh lingkungan social, oleh karena itu anak-anak penyandang  kebutuhan khusus mengasingkan diri dari lingkungan sosialnya.
Terkadang memang benar kalau anak-anak penyandang  kebutuhan khusus diasingkan oleh lingkungan social karena mereka dianggap :
  •       Mendatangkan masalah atau musibah,
  •    Mendatangkan kesialan,
  •     Mengganggu lingkungan sekitar, dan
  •    Tidak mempunyai sesuatu yang bisa dibanggakan.
Padahal tidak semua anak-anak penyandang  kebutuhan khusus seperti yang diasumsikan diatas, ada anak-anak penyandang  kebutuhan khusus yang memiliki segudang prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, baik itu dikancah nasional maupun internasional.
Oleh sebab itu anak-anak penyandang  kebutuhan khusus harus diberikan dan dilatih dengan jurus jitu Mainstreaming, agar anak-anak penyandang  kebutuhan khusus bisa percaya diri untuk tampil dimasyarakat pada khususnya dan lingkungan social pada umumnya.


Manfaat Mainstreaming bagi anak berkebutuhan khusus yaitu :
§  Bisa untuk bersosialisasi,
§  Melatih kemandirian,
§  Melatih percaya diri,
§  Melatih keberanian,
Dengan Mainstreaming diharapkan anak-anak penyandang  kebutuhan khusus bisa menyamakan dirinya dengan anak normal tanpa melihat hambatan yang dimilikinya. Karena nantinya anak-anak penyandang  kebutuhan khusus akan dan harus menjadi bagian dari masyarakat dan lingkungan social.
Anak-anak penyandang  kebutuhan khusus ini nantinya akan memasuki lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan pekerjaan, dan lingkungan pernikahan. Nah tanpa Mainstreaming anak-anak penyandang  kebutuhan khusus ini akan kesulitan dengan lingkungan sosialnya.
Semoga Mainstreaming ini diberikan kepada anak-anak penyandang  kebutuhan khusus sejak dini mungkin baik di lingkungan pendidikan maupun dilingkungan keluarga agar anak-anak penyandang  kebutuhan khusus mempunyai bekal untuk bisa tetap berada dilingkungan yang layak dan semestinya tanpa harus di diskriminasi dari lingkungan sosialnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar